Bagi kebanyakan pebisnis, mengikuti pameran
merupakan salah satu ajang berpromosi produk atau jasa yang ingin
ditawarkan kepada konsumen. Namun tidak dipungkiri, disamping itu para
pebisnis juga berharap mendulang keuntungan dari jualan selama pameran
berlangsung.
Setelah pameran berakhir ada saja kisah suka
dan duka yang ditemui. Diantaranya ada yang mengakui bahwa jika dihitung
secara materi, hasil penjualan belum dapat menutupi biaya sewa stand
dan operasional selama pameran berlangsung. Contohnya pengalaman Nyonya
Widodo, pengusaha minuman ramuan tradisional dalam sebuah pameran produk
makanan dan pertanian di Jakarta. “Jika dihitung, penjualan di pameran
seberapa lah, belum tentu menutup biaya sewa stan yang lumayan mahal.
Saya anggap ini sebagai biaya promosi saja,” katanya.
Tapi dibalik itu mungkin ada kepuasan karena
stand banyak dikunjungi, dan mendapat cukup banyak relasi baru selama
acara berlangsung. Namun ada juga yang memang mendulang sukses dalam hal
keuntungan karena produk atau jasa banyak yang laku selama pameran.
Jika memang pameran telah menjadi jalan
efektif dalam berpromosi, agar tidak kecewa menjadi peserta sebuah
pameran setidaknya pebisnis memperhatikan beberapa hal berikut.
1. Apakah
event/pameran yang akan diselenggarakan sebuah lembaga atau event
organizer dirasa berguna dilihat dari ketepatan pemilihan waktu dan
sasaran pengunjung sehubungan produk/jasa yang akan dipamerkan.
2. Cari tahu siapa penyelenggara dan track record pameran-pameran yang telah di kelola sebelumnya. Termasuk juga bagaimana promosi pameran dilakukan.
3. Jika telah memutuskan mengikuti sebuah pameran, pilihlah stand yang t tempatnya strategis untuk dikunjungi.
4. Buatlah stand semenarik mungkin dari sisi dekorasi, pelayanan penjaga stand yang ramah dan sabar dalam menjelaskan produk.
5. Berikan tawaran menarik, misalnya diskon untuk produk selama pameran berlangsung.
6. Jangan lupa mempersiapkan kartu nama pebisnis. Banyak peserta pameran
merasa menyesal karena mengabaikan hal yang satu ini. Karena tanpa
disadari mereka telah menghilangkan sebuah kesempatan untuk menjalin
lebih banyak relasi dan untuk lebih dikenal oleh konsumen.
Pada intinya pameran merupakan ajang
berpromosi yang sangat pas bagi sebuah usaha dan produk jika diikuti
dalam even atau tema pameran yang tepat dan sesuai dengan target
pengunjung. Sementara pebisnis yang ingin jadi peserta juga harus
mempersiapkan diri agar tujuan mengikuti pameran bisa tercapai. (SH)
0 komentar:
Posting Komentar