Rabu, 20 Maret 2013

Berternak dan Budidaya Kuda Pacu Memacu Untung

Untuk budidaya kuda diperlukan banyak Modal baik Pengetahuan Finansial Sumber daya dan Akses Pasar Kuda Pacu, hal tersebut bukanlah suatu hal yang mudah, dan diperlukan suatu studi kelayakan yang baik agar peternakan yang anda dirikan nantinya dapat sesuai apa yang menjadi tujuan profit atau sekedar hoby.
Berternak dan Budidaya Kuda Pacu Memacu Untung
Sebelum anda terjuan atau anda skedar melihat atau  tambah pengetahuan tentang kuda silahkan ikutu asal usul kuda dan jenis jenisnya
Sistematika


Sistematika kuda menurut Blakely dan Bade (1992), memiliki urutan sebagai berikut :


Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata (hewan bertulang belakang)
Sub phylum : Vertebrata
Class : Mamalia (menyusui)
Ordo : Perisodactyla
Familia : Equidae
Genus : Equus
Species : Equus cabalus


Berternak dan Budidaya Kuda Pacu Memacu Untung


Asal-usul Kuda Pacu


Sekitar 13 juta tahun yang lalu setelah kehadirannya hewan prakuda, muncullah leluhur kuda yang pertama kali diketahui sebagai Eohippus. Hewan tersebut ukurannya kecil juga, tidak lebih dari seekor serigala, tinggi pundaknya 25-45 cm, kaki depan mempunyai 3 jari tracak. Telinganya kecil tapi kompak, bulunya merupakan bulu furry seperti anjing, ekornya bergerak-gerak, mukanya panjang sehingga memberi tempat cukup untuk gigi yang banyak 44 buah. Karakteristik yang berbeda dari Eohippus bila dibandingkan dengan spesies toritis pendahulunya adalah arah pertumbuhan kakinya. Kaki merupakan adaptasi dari keadaan asli yang berjari lima, yang berubah menjadi empat. Satu jari depan mengalami retraksi menjadi splint (Blakely dan Bade, 1992).

Mesohippus. Sekitar 40 juta tahun yang silam, proses evolusi telah mengubah wujud kuda lebih drastis. Waktu jaman Ologocene, muncul hewan Mesohippus. Mesohippus tampil lebih besar dari pendahulunya, dengan tinggi pundak mempunyai 60 cm. Teracak kecil sudah mulai berkembangpada ketiga jarinya baik kaki depan maupun kaki belakang (Blakely dan Bade, 1992).
Merychippus. Semasa jaman Miocene yaitu sekitar 25 juta tahun yang lalu, muncullah spesies Merychippus sebagai kuda yang benar baru. Ini adalah jenis kuda dengan 3 jari yang penampilannya tegak, tingginya sekitar 100 cm dan mempunyai 3 jari baik pada kaki depan maupun kaki belakang (Blakely dan Bade, 1992).

Pliohippus. Kemudian sekitar 10 juta tahun yang lalu, semasa jaman Pliocene kuda berkembang menjadi Pliohippus. Leluhur kuda jenis ini mempunyai satu jari atau satu tracak pada tiap kakinya. Pliohippus merupakan hewan monodaktil (hewan bertracak tunggal) sejati yang pertama dalam sejarah evolusi (Blakely dan Bade, 1992).
Equus. Akhirnya sekitar 2 juta tahun yang lalu, kuda seperti yang kita kenal sekarang yaitu Equus caballus, muncul sebagai makhluk yang lebih besar. Namun sekitar 8 ribu tahun yang lalu, spesies Equus ini punah di daratan Amerika Serikat dan tidak muncul lagi sampai orang-orang Spanyol membawa kuda masuk ke benua Amerika pada tahun 1400-an (Blakely dan Bade, 1992).

Bangsa-bangsa Kuda
Kuda Sumatra. Kuda ini umumnya berwarna coklat dn coklat tua kemerah-merahan dengan rambut ekor dan kaki bagian bawahnya hitam. Bentuk kepala agak besar denagn leher lebar dan pendek. Rambut kepala kasar dan berdiri. Kakinya langsing dan berbulu di bagian persendiannya (Nusyirwan, 1993).


Kuda Batak. Kuda ini diketahui tersebar di Tapanuli Utara, terutama di sekitar danau Toba. Bentuknya menyerupai kuda Mongol. Tubuhnya kecil, tingginya kurang dari 1,20 m. Perimbangan tubuhnya baik. Hidung dari kuda ini besar, dan relatif panjang. Kepala sukar ditundukkan secara sempurna karena tengkuknya yang pendek, ekor duduknya tinggi, warna bermacam-macam, tipe kuda beban (Sosroamidjojo dan Soeradji, 1982).


Kuda American Saddle Horse. American Saddle Horse dikembangkan didaerah-daerah perkebunan di negara bagian Amerika Serikat. Hampir semua Amerika Saddle Horse adalah keturunan dari kuda Denmark yang sangat terkenal karena lomba sejauh 4 mil, yang dilahirkan pada tahun 1839. Karakteristik yang menonjol dari bangsa kuda ini adalah enak dinaiki untuk jarak jauh dan dapat dipekerjakan sambil membawa beban (Blakely dan Bade, 1992).

Kuda Hockney. Merupakan keturunan dari kuda jantan Thoroughbred yang disilagnkan denagn kuda betina asli Inggis di daerah Norfolk. Bangsa ini semula merupakan kuda tunggang, tetapi juga dipakai sebagai kuda pekerja (Blakely dan Bade, 1992).
Kuda Arab. Kuda Arab mungkin berasal dari Mesir, tetapi telah dikembangkan di Arab sampai mencapai bentuk yang ada sekarang. Kemudian dikembang-biakan di Amerika Serikat sejak jaman penjajahan. Karakteristik yang menonjol dari kuda Arab adalah kecepatan daya tahan tubuhnya (stamina) dan kecantikannya. Kuda ini juga terkenal karena mempunyai sifat yang jinak, tampaknya lebih suka bersahabat (berdekatan) dengan manusia (Blakely dan Bade, 1992).
Kuda Welsh Pony. Bangsa kuda Welsh berasal dari Wales. Daerah yang berat, bergunung-gunung dan tumbuh-tumbuhan yang jarang merupakan seleksi alam sehingga hanya yang paling tangguh saja yang dapat bertahan. Bangsa ini agak lebih besar dari Shetland dan juga terkenal sebagai kuda pony untuk pertunjukan dan sering disilangkan dengan Thoroughbred. Sering digambarkan sebagai kuda pelatih yang kecil, kuda ini juga berguna untuk pacuan, ternak kerja dan untuk berburu (Blakely dan Bade, 1992).

Kuda Thoroughbred. Kuda Thoroughbred dikembangkan oleh keluarga raja Inggris sebelum diimpor ke Amerika. Karena penggunaan di Inggris, muncullah istilah “ olahraga raja” karena bangsawan Inggris baik laki-laki maupun wanitanya mengembangbiakan dan melombakan kuda ini yang penampilannya bagus sekali. Selain kecerdasannya, karakteristik yang menonjol adalah kecepatan lari dan daya tahannya (Blakely dan Bade, 1992).


TIPs Membeli Kuda Bagi Pemula
Bila anda bertanya kepada saya tentang bagaimana seharusnya memilih kuda, maka kepala saya pusing, otak berputar tujuh keliling mencari jawabannya.
Terdapat beragam motivasi orang membeli kuda, apalagi bagi seorang pemula yang belum banyak pengetahuan soal kuda dan dunia berkuda. Sehingga saya harus berusaha mencari jawaban dari anda.
Namun saya tetap akan datang dengan jawaban yang sedapat mungkin membuat anda jelas dan dapat mengambil keputusan yang benar dalam hal memilih kuda dan  kalau bisa memberi gambaran dimana dan berapa harganya.
Sebelum memberikan jawaban itu saya mesti tahu dulu bagaimana latar belakang anda berkaitan tentang dunia kuda. kalau anda seorang yang sudah berpengalaman akan lebih mudah (mesklipun ya masih sulit juga) untuk membantu mencari kuda sasaran anda. Namun paling tidak gambaran kuda macam apa yang anda butuhkan sudah bisa saya dapatkan.
Bagi seorang pemula gambaran itu belum ada. Biasanya mereka  melihat kuda dari tinggi, kelamin, dan warnanya saja. Ketertarikan dengan sebagian kecil soal kuda ini merupakan hal yang wajar-wajar saja. Namun perlu dimengerti bahwa ada banyak faktor yang harus dipahami sebelum memilih seekor kuda untuk dipelihara.
Anggap saja faktor-faktor itu sudah dimengerti dan memutuskan untuk membeli seekor kuda untuk anda. Lalu bagaimana caranya memilih kuda yang pas untuk anda.
Ada beberapa pertanyaan yang akan saya ajukan, seperti: Anda mau membeli kuda untuk apa? Untuk ikut olah raga pacuan kuda atau equestrian? atau sekedar untuk tunggang dirumah, diladang misalkan. Atau untuk dipelihara sebagai binatang kesayangan keluarga saja.  Atau untuk diternakkan dan diambil anak keturunannya.
Kuda sport baik pacu ataupun tunggang (equestrian) menuntut jenis dan phisik tersendiri. Anda harus melihatnya mulai dari konstruksi, tinggi, kondisi badan/postur, pedigree (garis keturunan) maupun kesehatan kuda. Dan satu lagi yang penting adalah SERTIFIKAT (BRK). Semua kuda untuk tujuan olahraga harus bersertifikat yang diterbitkan oleh Biro Regristrasi Kuda. Alasannya karena salah satu klasifikasi kuda dalam lomba yang diikuti akan ditentukan lewat BRK itu. Misalkan untuk Pacu: jenis Sandel, G/Pony, KPI ataupun Thoroughbred. Sedangkan pada equestrian biasanya digolongkan berdasarkan RAS kuda dan tinggi kuda.
Sementara itu untuk kuda bukan untuk olah raga persayaratan ini tidak diperlukan, kecuali bila anda ingin melakukan breeding (ternak). Breeding tetap harus mengikuti aturan organisasi karena kuda hasil ternakan itu nantinya akan dipakai untuk lomba.
OK sekarang, anggap saja anda ingin mencari kuda untuk pacu. Pertanyaan saya berikutnya adalah budget yang akan anda keluarkan. Harga kuda sangat bervariasi tergantung: jenis kelamin, pedigree, tinggi kuda (klas), RAS kuda (Sandel, Pony/G, KPI, Thoroughbred), prestasi kuda, prestasi induknya, prestasi bapaknya, warna, dan ciri-ciri phisik si kuda.
Bagi seorang yang sudah berpengalaman soal kuda warna kuda diberi bobot paling rendah. Namun kelamin dan pedigree serta prestasi memiliki bobot paling tinggi.
Dalam dunia kuda jenis kelamin jantan memiliki harga lebih rendah dibanding betina. Jadi anda berbanggalah jadi lelaki karena harganya sama dengan perempuan. Di dunia kuda harga kuda jantan lebih rendah dari betina ! Kecuali anda dinobatkan sebagai pejantan profesional. Eh maksud saya kuda jantan dinobatkan sebagai pejantan profesional, baru harganya melejit sampai 1 milyar bahkan lebih.
Klas atau tinggi kuda dalam kelompok kuda Pony G. Kuda pony dibagi menjadi G1, G2, G3, G4. Juga ada KPI, KP5, KP6. Makin tinggi G nya kuda memiliki prosentasi darah thoroughbred lebih besar, sedangkan darah lokalnya makin mengecil. Oleh karenanya ketinggian punggung kuda dari tanah makin tinggi. Harganyapun makin tinggi pula. Makin tinggi punggung kuda, makin baik dalam hal langkahnya, kecepatannya oleh karena itu dikelompokkan dalam Klas tersendiri. Aturan Pordasi memiliki Klas A, B, C, D, E dan F untuk pony dimana klas A adalah kelas tertinggi.
Sangat jelas G nya makin tinggi kuda makin baik dan harganyapun menjadi makin ... buruk ! karena mahal !
Yang paling sulit melakukan penilaian terhadap seekor kuda adalah kondisi phisik dan kontruksinya. Karena apapun G nya, kuda tergantung konstruksi dan kondisi phisik yang bersangkutan.
Bagaimana posturnya ? Atletiskah? cacat phisikkah? Jalannya tegak dan lurus kah? langkahnya benar atau silangkah? matanya, telinganya, napasnya, kerongkongannya, perutnya, dadanya, kakinya, kukunya dsb. Ada banyak yang mesti dilihat. Dan itu menjadi hal yang menentukan dalam memilih dan memberi penilaian harga kuda.
Kalau semua sudah baik, masih ada lagi yang harus diperiksa yaitu perangai si kuda, kharakter si kuda. Kuda suka menggigit, kuda suka menendang, kuda suka berdiri, kuda suka berhenti berlari dll. Itu semua harus  dipertimbangkan sebelum anda memilihnya.
Andaikan anda hanya ingin memilih kuda untuk dipelihara sebagi hewan kesayangan anda sekeluarga, pertimbganan-pertimbangan diatas masih juga perlu dipakai, Bahkan faktor perangai dan kharakter si kuda menjadi dominan disamping hal-hal lain yang saya berikan diatas. Karena memelihara kuda yang nakal akan menjadi beban pikiran buat anda selamanya. Anda akan khawatir manakala anak-anak dan anggota keluarga anda berada disamping kuda anda.
Bila anda ingin memelihara kuda untuk diternakkan, saya kira anda akan melayani para penggemar kuda untuk sport baik tunggang ataupun pacu. Pilihlah kuda dengan pedigree yang termasuk TOP of The TOP. Meskipun untuk ini anda akan mengeluarkan uang dalam jumlah yang lebih besar.
Belilah indukan yang telah memiliki prestasi dalam gelanggang lomba saat masih mudanya. Kalau kuda pacu ya di arena pacuan kuda kalau equestrian ya di acara lomba tunggang serasi, show jumping, cross country, endurance dll.
Datanglah dalam acara-acara lomba seperti itu anda akan bertemu dengan para penggemar kuda senior dan berdiskusi kira-kira kuda yang baik yang mana ya. Atau datanglah ke Stable yang ternama, biasanya mereka memiliki stock kuda-kuda yang akan mereka lepas setelah karir pacunya berakhir. Membeli kuda dari stable akan lebih menguntungkan karena pedigree dan prestasi indukan sudah jelas. Dan biasanya mereka akan memberi gambaran yang jelas kepada anda soal kuda yang cocok untuk kebutuhan anda.
Bila anda masih kesulitan. Layangkan email ke bpras@forum-sandalwood.web.id

6 komentar:

Kuda Hockney. penampakkannya mantep banged, luar biasa perkasa, bisa jadi simbol pria perkasa nih, jantannnn
:-)

MOHON IJIN. JUAL LAHAN PERKEBUNAN, PETERNAKAN ATAU LAHAN PERISTIRAHATAN . JENIS TANAMAN KAMI SESUAIKAN DENGAN PERMINTAAN PEMBELI. HARGA SUDAH TERMASUK PERAWATAN TANAMAN DAN KEAMANAN SELAMA 3 TAHUN( DILUAR PUPUK DAN OBAT-OBATAN ) LOKASI PANDEGELANG BANTEN DEKAT WISATA TANJUNG LESUNG.STATUS HAK MILIK (SHM) LUAS 15.000M2. ADA JALAN ,LISTRIK DAN AIR. HRG Rp.35.000/M. hub 0818228663-08161112477-0811727889

Cara memberi pembuatan pakan kuda vermentasi

Cara memberi pembuatan pakan kuda vermentasi

JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI

HUBUNGI KONTAK Kami
BBM : D8E23B5C
WHAT APPS : +85581569708
LINE : togelpelangi
WE CHAT : togelpelangi
LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET

Ayo coba keberuntungan anda
jutaan rupiah menunggu anda

Kuda hitam perkasa tenan. Black setalion

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More