Rabu, 20 Maret 2013

Budidaya Dan Manfaat Lintah untuk berbagai Keperluan

LINTAH

Lintah adalah hewan yang tergabung dalam filum Annelida subkelas Hirudinea. Terdapat jenis lintah yang dapat hidup di daratan, air tawar, dan laut. Seperti halnya kerabatnya, Oligochaeta, lintah juga memiliki klitelum. Seperti cacing tanah, lintah juga hermaprodit (berkelamin ganda). Lintah obat Eropa, Hirudo medicinalis, telah sejak lama dimanfaatkan untuk pengeluaran darah (plebotomi) secara medis.

Lintah dibedakan dari pacet bukan berdasarkan taksonomi, tetapi lebih pada habitat kesukaannya. Lintah sehari-hari hidup di air, sedangkan pacet sehari-harinya melekat pada daun atau batang pohon (di luar air).

Semua spesies lintah adalah karnivora. Beberapa merupakan predator, mendapat makanan dari berbagai jenis invertebrata seperti cacing, siput, atau larva serangga.

Lintah ada yang berwarna hitam, coklat dan hijau dengan garis putus-putus pada bagian atas badannya.Terdapat 65 jenis lintah yang dapat hidup di daratan, air tawar,  payau dan laut. Kawasan berair atau dataran tinggi.

Budidaya Dan Manfaat Lintah untuk berbagai Keperluan

  • Seperti cacing tanah, Lintah merupakan sejenis cacing dengan alat penghisap pada setiap ujungnya. Pada ujung yang satu terdapat alat penghisap dengan mulut dan di ujung yang lain ada alat seperti perekat untuk menempel. Ukuran dan panjang dari lintah ada berbagai macam ukuran, dari ukuran kecil, sedang dan besar. Dari yang panjang 1 inci sampai dengan 10 inci panjang
  • Di kerongkongan tempat isapannya terdapat tiga rahang berbentuk setengah gergaji, dihiasi sampai 100 gigi kecil.
  • Dalam waktu 30 menit, lintah bisa menyedot darah sebanyak 15 ml sampai sejumlah yang cukup untuk hidup selama setengah tahun.

Tak kurang dari 15 jenis zat berkhasiat yang sudah terklasifikasi ada di dalam liur lintah, dan diperkirakan masih banyak lagi zat lainnya. Penelitian juga telah membuktikan khasiat lintah untuk mengatasi nyeri sendi, rematik, nyeri punggung, gangguan pendengaran, serta penyakit-penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah, seperti penyakit jantung, gangguan serebrovaskular, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa zat yang dikeluarkan oleh lintah:

Nitric Oxide: pada tahun 1998 Hadiah Nobel untuk fisiologi telah dianugerahkan kepada Robert Furchgott, Prof Louis Ignarro dan Ferid Murad yang menemukan pertalian Nitric Oxide (NO) yang kemudian digunakan dalam ramuan Viagra. Dalam satu kajian ilmiah Universiti Purdue, lintah jenis Hirudo Medicinalis dikenal dapat mengeluarkan NO secara alami. Sementara kajian ilmah lainnya mengatakan bahwa NO dapat menyelesaikan 90% masalah kegagalan ereksi kaum lelaki. Vagina dan klitoris wanita apabila tersentuh oleh usur NO ini juga dapat meningkatkan rangsangan seksual, dimana NO tersebut akan memberi stimulus ke syaraf-syaraf yang memacu gairah seksual wanita.

Hirudin: adalah zat yang dapat mencairkan  pembekuan darah, unsur Hirudo medicinalis dipakai dalam operasi syaraf-syaraf yang kecil, misalnya bekas operasi pada bagian tubuh tertentu, untuk mencairkan darah yang menggumpal (beku) paska operasi atau saluran darah yang tersumbat.
Hirudin terdiri dari 65 Asam amino yang berpotensi, menghambat pendarahan atau pembekuan darah. Hirudin akan mengurangi gumpalan darah yang terbentuk dan meningkatkan aliran darah pada bagian-bagian tertentu dalam tubuh kita.

Histamine: adalah zat yang berfungsi sebagai pengembang. Zat pengembang ini di temukan pada bagian ludah lintah.

Hyaluronidase: Zat yang berasal dari ludah lintah yang termasuk dalam jenis obat bius, pencegah pembekuan darah (hirudin), vasodilator lokal (histamine) dan satu enzim (hyaluronidase).

Anti Kolagen: zat yang keluar dari air liur lintah atau spesies sejenis berdasarkan hasil penelitian ternyata dapat digunakan untuk perawatan dan pengendalian trombosit. Zat ini dapat berfungsi sebagai penunda penuaan dan dapat digunakan sebagai bagian bahan dasar kosmetika.

Budidaya Dan Manfaat Lintah untuk berbagai Keperluan

Ciri-ciri lintah

  1. Bentuk tubuhnya pipih dan segmen-segmennya jelas (tidak tertutup kutikula yang dihasilkan epidermis).
  2. Cacing ini tidak mempunyai rambut dan parapodia serta mempunyai dua alat pengisap pada kedua ujung tubuhnya yang berguna untuk mengisap darah dan melekatkan diri pada tubuh mangsanya.
  3. Selama diisap lintah, darah mangsanya tidak akan membeku karena lintah menghasilkan zat hirudin sebagai zat antikoagulan.
  4. Saluran pencernaannya terdiri atas usus yang memiliki tonjolan membentuk kantung-kantung sehingga cukup banyak darah yang dapat disimpan di kantung usus tersebut.
  5. Pada umumnya sufat hidupnya hemafrodit.
  6. Hidupnya di air laut,air tawar dan darat.
  7. Makanannya cacing dan larva serangga.
  8. Memiliki sistem peredaran tertutup

Budidaya Dan Manfaat Lintah untuk berbagai Keperluan

Manfaat Lintah

Beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan memanfaatkan lintah di antaranya adalah hipertensi, sakit kepala,varises, hingga gangguan nyeri sendi. Minyaknya bahkan konon berkhasiat untuk keperkasaan pria! Sedangkan bubuk lintah yang dibuat dari lintah kering biasa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat kosmetik. Di Amerika, lintah mulai diteliti untuk mengobati gangguan darah, hati, dan paru-paru. Lintah juga mulai dipromosikan manfaatnya untuk menyembuhkan gangguan-gangguan yang terjadi setelah pembedahan mikro seperti pencangkokan kulit.

Penggunaan lintah sebagai media pengobatan ini sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak abad ke-17. Ketika itu, lintah biasa digunakan di banyak rumah sakit untuk pasien-pasien pasca operasi. Lintah juga yang dipakai untuk membersihkan jaringan darah yang membeku. Itu berkat kandungan zat anticoagulant (anti penggumpalan darah) di dalam air ludahnya yang disebut hirudin . Jenis lintah yang bagus untuk pengobatan ialah yang berwarna hitam kecoklatan dan bersih. Lintah mengandung protein dan zat anti pembeku darah, zat ini secara ilmiah disebut hirudin atauhemaphilin, khasiatnyayang utama mencegah zat-zat pembeku darah. Adapun jenis lintah yang digunakan adalah jenis hirudo medicinalis .

Budidaya Dan Manfaat Lintah untuk berbagai Keperluan

  • Fakta menarik
  • Terdapat 650 spesis lintah
  • Lintah terbesar dijumpai berukuran 18 inci
  • Kira-kira 1/5 dari spesies lintah hidup dilaut di mana memakan ikan
  • Lintah Hirudo mengeluarkan anak dalam kokun dimana lintah itu membawa anak-anaknya diatas perut sendiri. Kadangkala mencapai sebanyak 300 ekor
  • Tidak semua lintah adalah penghisap darah. kebanyakkannya adalah pemburu yang memakan cacing tanah dan lain-lain.
  • Lintah Amazon menggunakan cara tersendiri untuk menghisap darah. Ia memasukkan proboscic panjang ke dalam mangsa tanpa menggigitnya
  • Gigitan lintah tidak menyakitkan karena mempunyai bahan bius
  • Lintah Hirudo menyuntik anti pembekuan serum ke dalam mangsanya untuk menghindari pembekuan darah
  • Lintah akan mengembang sendiri sehingga kenyang dan jatuh dari mangsa dengan sendiri
  • Lintah daat memgembang sendiri hingga 5 kali lipat dari berat badannya
  • Lintah pertama yang digunakan dalam pengobatan kira-kira sejak 1000SM. Kemungkinan ketika jaman India purba
  • Pada masa lampau, orang ramai dan berdiri di tepi danau dan kolam, bila lintah melekat pada kaki mereka, ia dimasukkan dalam bakul untuk dijual. Pada masa kini, lintah Hirudo merupakan spesies langka.
  • Pakar bedah awal mulanya menggunakan lintah untuk membatu memulihkan penyakit yg bermula dari sakit kepala.
  • Sistem saraf lintah mempunyai banyak persamaan dengan sistem saraf manusia
  • Saudara terdekat lintah adalah cacing tanah
  • Lintah mampu menggigit walaupun pada paha badak air yang tebal.

Berternak dan Budidaya Kuda Pacu Memacu Untung

Untuk budidaya kuda diperlukan banyak Modal baik Pengetahuan Finansial Sumber daya dan Akses Pasar Kuda Pacu, hal tersebut bukanlah suatu hal yang mudah, dan diperlukan suatu studi kelayakan yang baik agar peternakan yang anda dirikan nantinya dapat sesuai apa yang menjadi tujuan profit atau sekedar hoby.

Senin, 18 Maret 2013

Program Peduli Wirausaha BCA Syariah Siapkan Pembiayaan Usaha Mikro Untuk Modal Usaha

 

UKM dan usaha mikro mendapat perhatian dari BCA Syariah, dan ini merupakan peluang dan kesempatan yang bagus bagi para pelaku UKM untuk bisa mendapatkan tambahan permodalan modal yang berbentuk uang, jangan lewatkan kesempatan ini untuk memperbesar dan memajukan usaha anda, atau anda yang masih mencari cari modal usaha silahkan ikuti dulu artikel berikut ini

Rabu, 06 Maret 2013

Cara Membuat Tempe Spesial Yang Lezat dan Gurih

Tempe Resep Indonesia Dibuat di Belanda, Diekspor ke Seluruh Dunia

Tempe.

Tempe  adalah makanan khas Indonesia Dimanapun orang Indonesia berada, daging nabati ini selalu ingin dinikmati. Biasanya, tempe (tertulis di bungkus plastiknya, Tempeh) yang beredar di Jerman, misalnya adalah buatan Belanda. Mengapa bukan tempe buatan asli Indonesia (sumbernya) yang tersebar luas di seluruh jagad? Jawabannya ada pada orang Indonesia sendiri. Dan peluang bisnis itupun disambut Belanda! Tempeh made in Holland is everywhere around the globe!

13402605251472205015

Cara Membuat Tempe

Konon dua ribuan tahun yang lalu, tempe dan tahu dibawa oleh pedagang China ke Indonesia. Selama tinggal di Jawa, masyarakatnya mengkonsumsi tempe setidaknya sekali sehari lantaran kandungan proteinnya nabatinya yang cukup tapi masuk program diet, vitamin B12 dan fiber-nya. Ini makanan sehat.

Di dekat kampung halaman saya di Semarang, ada sebuah pabrik tempe dan tahu. Home industry ini memproduksi tempe segar tiap harinya dan dijual di pasar-pasar. Biasanya ada yang dibungkus daun, yang plastik juga tersedia. Bentuknya ada yang bujur sangkar ada yang seperti pipa. Saya lebih menyukai dengan pembungkus alami karena rasa khas daun pisang yang menggulungnya.

Cara Membuat Tempe

Kebanyakan orang mengolahnya menjadi tempe goreng, mendoan (tempe goreng dengan tepung), oseng-oseng tempe, tempe bacem, oblok-oblok, tempe penyet, sambal tempe, perkedel tempe dan masih banyak menu variasi lain sesuai selera pribadi.

Makanan tersebut tak hanya makanan rumahan, saya lihat telah disajikan dalam catering prasmanan pernikahan atau acara besar lainnya, restoran dan hotel terkemuka tanah air.

Jadi, siapa bilang tempe itu makanan wong ndeso (red: orang kampung) saja? Dahulu memang hanya bisa didapat di pasar tradisional, kini bisa didapatkan dengan mudah di supermarket, toko modern bahkan merambah ke greengoceries luar negeri (sampai service on line shopping-nya)! Naik pangkat.

Pertama kali datang ke Jerman, kami telah berhasil mendapatkan Tempeh (red: tempe) di bulan pertama dari Konstanz. Kota pelajar yang berbatasan dengan Swiss ini memiliki sebuah toko milik orang Indonesia yang diantaranya menyediakan tempe berselubung plastik transparan. Selain itu; tahu, kelapa, leci, pisang ambon, rambutan, durian, beragam bumbu, macam-macam mie kering/instan Indonesia dan sebagainya bisa didapatkan di toko BATAVIA ini. Ada imbiss (red: warung makan masakan Asia termasuk Indonesia) di dekat kasir toko. Harganya juga aman di kantong, tak mahal-mahal amat. Rasanya juga lezat, kata suami saya yang sudah mencoba.

Oh ya, produk bio yang sehat dan terbeli tadi kemudian saya timang dan masuk kulkas. Tertulis diproduksi oleh sebuah perusahaan tempeh di Belanda. Wah, mengapa Belanda????

1340260657989038145

Perusahaan tempeh di Belanda (dok.Soya Bean Company)

Sebuah perusahaan tempe di Belanda, Soya Bean Company bertempat di Kerkrade, Belanda. Pendirinya, Robbert van Dapperen. Setahun kemudian, tahun 1979, pembuatan tempenya di sebuah gudang di Rotterdam. Dari tahun ke tahun perusahaan ini maju, dengan sasaran orang Belanda, toko-toko Indonesia di Belanda, orang Indonesia yang tinggal di Belanda dan diekspor ke seluruh dunia pula.

Karena memerlukan tempat yang luas untuk produksi massal, terpilih kota Kerkrade. Bahkan berhasil menggaet saudara lelaki Robert, Ed untuk menjadi partner bisnis.

Mereka ini tak hanya memproduksi tempeh dan menjualnya world wide (Inggris, Jerman, Belgia dan Luxemburg), penyebaran leaflet tentang tempeh, menggelar demo cara membuat dan memasak tempeh hingga menembus Central Market.

Lalu ambisi mereka kedepan adalah membuat perusahaan mereka di Malaysia bisa merangkul warga negeri Jiran ini untuk gemar mengkonsumsi tempeh tak ubahnya seperti orang Indonesia!

Bisa jadi supply ini karena adanya demand di Malaysia bertambah (seiring banyaknya warga Indonesia dan TKI di sana?).

Jangan was-was kalau suatu saat tempeh (red: tempe) menjadi makanan favorit di Malaysia dan layak dikukuhkan menjadi masakan trully Malaysia.

Cara Membuat Tempe

Angan-angan saya mengembara, betapa gembira jika saat membeli makanan vegetaris ini, di Jerman misalnya, yang tertulis dibungkusnya, „Tempe made in Indonesia” bukan Tempeh Kerkrade.”

Tahun kedua merantau di Jerman, saya segera belajar pada seorang teman yang barusan pindahan dari Indonesia ke negeri sosis ini. Henny memberi instruksi kepada saya cara pembuatannya lewat telepon.

Setelah mudik dan membeli raginya, saya buat sendiri di dapur rumah. Hasilnya? Prima! Ternyata membuat tempe itu mudah, asal ada bahannya dan telaten:

Cara Membuat Tempe

1. Rendam kedelai semalam.

13402607521820136182

Kedelai yang telah terendam

2. Setelah membesar, remas kuat - kuat hingga kulit ari mengelupas semua.

13402608341611102044

Kulit ari dari kedelai yang terkelupas

3. Rebus kedelai sekitar 15 menit atau sampai matang.

13402609281781087362

Rebus dengan api sedang sembari diaduk.

4. Tiriskan hingga tak ada air menggenang.

5. Rebus tanpa air dengan api kecil, untuk menghindari gosong.

13402610281790341227

Jangan sampai gosong!

6. Dinginkan ditempat yang lebar.

13402611051877369676

Biarkan asap mengepul diudara sampai dingin

7. Jika kering, taburi dengan ragi secukupnya secara merata.

8. Bungkus, tutup plastik dengan mesin penjepit plastik atau gunakan lilin.

1340261182191398185

Masukkan plastik, jepit agar tertutup

9. Tusuk permukaan plastik dengan lidi atau tusuk gigi lalu bungkus dengan serbet bersih.

13402613011599873135

Tusuk secara merata

10.Letakkan di permukaan berjeruji untuk memberi jalan pernafasan bagi tempe.

11.Simpan di ruangan yang hangat (di Indonesia suhunya bisa mencapai 30 derajat mungkin lebih cepat, di Jerman di atas 20 derajat suhu ruangan sudah bagus, hingga tempe jadi dalam 2 - 5 hari)

12.Jika jamur putih sudah menutupi semua kedelai, tempe siap dikonsumsi. Jangan terlalu lama, bisa busuk. Segera simpan di kulkas atau freezer.

 

Cara Membuat Tempe

Keajaiban Manfaat Tempe untuk Kesehatan 

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More